Perkuliahan

Algoritma dan Pemrograman 1 (Dasar) ~ INF101

Deskripsi: Mata kuliah dasar dalam ilmu komputer yang bertujuan untuk memperkenalkan konsep-konsep fundamental algoritma dan pemrograman kepada mahasiswa.

Bahan Kajian: Algoritma dasar, Pemrograman dasar, Notasi algoritma, Struktur percabangan, Struktur perulangan, Array, fungsi, Algoritma searching dan sorting.

Materi Kuliah:

Pertemuan 1: Dasar Algoritma dan Pemrograman

Pertemuan 2: Menggunakan Compiler

Pertemuan 3: Penerapan deskripsi Algoritma, I/O, tipe data, Variabel, Operator

Pertemuan 4: Notasi Algoritma

Pertemuan 5: Struktur Percabangan (Branch)

Pertemuan 6: Struktur Perulangan (Loop)

Pertemuan 7: Struktur Perulangan Bersarang (Nested Loop)

Pertemuan 8: UTS (Mid Exam)

Pertemuan 9: Array 1D

Pertemuan 10: Array Multidimensi

Pertemuan 11: Penerapan Fungsi

Pertemuan 12: Fungsi Rekursif

Pertemuan 13: Teknik Search

Pertemuan 14: Teknik Sorting

Pertemuan 15: Membuat Program Sederhana

Pertemuan 16: UAS (Final Exam)



Algoritma dan Pemrograman 2 (Lanjut) ~ INF150

Deskripsi: Mata kuliah dasar dalam ilmu komputer yang bertujuan untuk memberikan pemahaman mendalam tentang teknik pemrograman lanjutan, mampu merancang dan mengoptimalkan program untuk menyelesaikan berbagai masalah komputasi dengan efisien dan efektif.

Bahan Kajian: Array, Tree, Teori Graph, Big O Notation, Binary Tree Traversal, Algoritma Backtracking, Algoritma Greedy, Algoritma Graf, Pemrograman Berbasis Obyek, Constructor.

Materi Kuliah:

Pertemuan 1: Linked List

Pertemuan 2: Tree

Pertemuan 3: Konsep Binary Tree Traversal

Pertemuan 4: Analisis Kompleksitas dengan Big-O Notation

Pertemuan 5: Greedy Algorithm

Pertemuan 6: Teori Graf

Pertemuan 7: Algoritma Backtracking

Pertemuan 8: UTS (Mid Exam)

Pertemuan 9: Pemrograman Berbasis Objek (PBO)

Pertemuan 10: Konsep Kelas (Class) dan Objek (Object)

Pertemuan 11: Penerapan Enkapsulasi

Pertemuan 12: Penerapan Constructor

Pertemuan 13: Inheritance (Class turunan)

Pertemuan 14: Polimorfisme

Pertemuan 15: Abstrak Class dan Interface dalam desain

Pertemuan 16: UAS (Final Exam)



Asisten Mengajar/Praktikum

<>

<>

<>

<>