Artikel

Pengalaman Saya dalam Konferensi Internasional di Kyoto Jepang 2019 IEEE SeGAH

|

Pada tahun 2019, saya berkesempatan menghadiri Konferensi Internasional IEEE SeGAH (Serious Games and Applications for Health) di Kyoto, Jepang. Konferensi ini merupakan salah satu forum bergengsi yang membahas aplikasi teknologi kecerdasan buatan (AI) dan serious games dalam bidang kesehatan. Sebagai seorang peneliti yang fokus pada pengembangan algoritma AI untuk pengenalan emosi wicara, konferensi ini memberikan kesempatan luar biasa untuk berbagi pengetahuan, memperluas jaringan, dan belajar dari para ahli global.

Sesi utama konferensi dimulai dengan keynote speech oleh Profesor Yen-Wei Chen, seorang pakar Computational Anatomy, Artificial Intelligence and Virtual Reality in Medicine and Healthcare dari Universitas Ritsumeikan. Beliau membahas peran AI dalam menciptakan simulasi interaktif untuk pelatihan medis, yang sangat relevan dengan topik penelitian saya. Salah satu momen paling berkesan adalah saat saya mempresentasikan makalah berjudul “Human Voice Emotion Identification Using Prosodic and Spectral Feature Extraction Based on Deep Neural Networks” . Diskusi setelah presentasi sangat interaktif, dengan banyak pertanyaan mendalam dari audiens yang membantu saya melihat perspektif baru terkait penelitian tersebut.

Selain sesi akademik, konferensi ini juga menawarkan ruang kolaborasi dengan peneliti dari berbagai negara. Saya bertemu dengan Cristian Chihaia sebagai Art Director dari UBISOFT, yang sedang mengembangkan aplikasi games untuk global art community. Diskusi kami membuka peluang untuk kolaborasi lintas disiplin di masa depan, menggabungkan AI dan game interaktif untuk meningkatkan efektivitas terapi.

Pelajaran utama yang saya peroleh dari konferensi ini adalah pentingnya integrasi multidisiplin dalam penelitian. AI tidak hanya tentang algoritma, tetapi juga bagaimana teknologi ini dapat diterapkan untuk memecahkan masalah nyata dalam kehidupan manusia. Selain itu, saya belajar bahwa kolaborasi internasional sangat penting untuk menghasilkan solusi inovatif yang dapat diakses secara global.

Referensi :
IEEE SeGAH 2019 Official Proceedings. “Serious Games and Applications for Health.” Kyoto, Japan. (https://www.segah.org/2019/index.html)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *